Project

LAPORAN KEGIATAN PENINGKATAN KEMAMPUAN TEKNOLOGI PENANGANAN KONSERVASI KHUSUSNYA GAJAH SUMATERA MELALUI TRANSFORMASI PLATFORM DIGITAL DI LANSEKAP TNWK
Periode Kerja Kwartal I

Kegiatan yang diusulkan adalah rancang bangun Arsitektur Platform untuk Membangun Transformasi Digital Habitat Gajah di Abad 21, yaitu suatu platform yang dibangun bertujuan agar terbangun sistem yang berpotensi memberikan Rekomendasi tranformasi digital dalam aksi konservasi sumberdaya hayati untuk satwa terancam punah (Gajah Sumatera dan Lainnya). Platform yang dibangun dengan berdasarkan konsep Microservices agar dapat menjamin integritas data dari mulai pengambilan data hingga analisis.

Dalam paltform yang dikembangkan lebih jauh dengan menggunakan perkembangan teknologi Industri 4.0 (Internet-of-Things, Big-Data Analysis, Human-Content Interaction serta Artificial Intelligence), sehingga didapatkan sistem yang robust dengan potensi keamanan tinggi, namun juga mudah digunakan, cost-effective dan fleksibel untuk menangani persoalan konservasisumberdaya hayati, khususnya dalam monitoring dan surveillance untuk satwa yang terancam punah, khususnya Gajah Sumatera yang bernilai strategis tinggi.

Platform dirancang dengan arsitektur sistem yang menggunakan banyak teknologi dalam satu kesatuan yang utuh dan digunakan dengan pola interaksi antara subsistem yang unik:

  • Tidak monolitik, menggunakan arsitektur microservice dengan layanan yang beragam sesuai property data yang diolah, baik dari sisi besar data, maupun frekuensi kedatangannya. Pada, Webserver, Messaging Server, File Server dan jika diperlukan Multimedia Server bekerja sama dalam satu aliran kerja yang terintegrasi.
  • Menggunakan teknologi Graph Database untuk menangkap esensi dari Monitoring dan surveilance Gajah Sumatera suatu entitas agar proses monitroing satwa liar dapat dilakukan dengan cepat namun tetap transparan.

Lokasi Penelitian di bentang alam kawasan ekosistem Taman Nasional Way Kambas (TNWK) seluas 125.631,31 Ha di Kab. Lampung Timur-Prov. Lampung menyimpan kekayaan keanekaragaman hayati tinggiserta menjadi banteng terakhir bagi upaya perlindungan satwa kharismatik terancam punah seperti Gajah Sumatera. Gajah Sumatera masuk dalam satwa dilindungi menurut Undang-Undang No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dan diatur dalam peraturan pemerintah, yaitu PP 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Kegiatan pada proyek ini diawali dengan menyediakan infrastruktur teknologi informasi yang menghasilkan luaran tersedianya infrastruktur teknologi Informasi berbasis digital dengan beberapa indikator penyediaan provider terbaik dengan asumsi akan mendapatkan dukungan para pihak yang memiliki kompetensi dan pengalaman dalam pengembangan peralatan

Kawasan.

Luaran kedua yaitu Sistem Digitalisasi Pusat Latihan Gajah dengan indikator identifikasi, journal dan kemampuan telusur pemeliharaan gajah akan menghasilkan perilaku kebiasaan dalam menggunakan aplikasi yang dibangun.

Luaran ketiga yaitu Sistem Digitalisasi Desa Kawal Tanggap Gajah dengan indikator kesadaran penggunaan teknologi, sistem early warning serta peningkatan kapasitas manusia dalam literasi digital juga menghasilkan asumsi perilaku kebiasaan dalam menggunakan aplikasi. Pada luaran Pengembangan Prototipe Perangkat IoT dan Setting-Up & Pengelolaan Datacenter dengan indikator menghasilkan prototipe teknologi berbasis IoT dan platform arsitektur data centre dalam skala yang besar dan kemampuan integrase data dari berbagai sumber menghasilkan skala pengguna yang besar (BigData) yang dikelola pada Pusat Data.

Mei Maret Januari Februari April Juni Agustus

Lokasi Kami

Jln Pelajar Pejuang 45 No Bandung

Email Kami

tfca9@support.com

Telepon Kami

(+ 628) 1214558336

Copyright TFCA9 © 2024 | Powered by PT LSKK

Copyright © 2024. All rights reserved.